Firstananda, Erba and Sugiyono, Sugiyono (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.
|
Text
Bab I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengembanganperangkatpembelajaranmatematikamaterilingkarandenganpendekatanguided discoveryuntuksiswakelas VIII SMP danmendeskripsikankualitasnya. Penelitianpengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiridaritahapanalysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), danevaluation (evaluasi). Subjekpenelitianadalahpeneliti, guru matematika, dansiswakelas VIII D SMP Negeri 15 Yogyakarta. Instrumenpenelitianterdiridarilembarpenilaian RPP dan LKS untukmengukurkevalidanperangkatpembelajaran, angketresponssiswadanlembarobservasikegiatanpembelajaranuntukmengukurkepraktisanperangkatpembelajaran, sertasoalpost-test untukmengukurkeefektifanperangkatpembelajaran. Hasilpenelitianberupa: (1) Pengembanganperangkatpembelajaranmatematikamaterilingkarandenganpendekatanguided discovery untuksiswakelas VIII SMP dilakukanmelaluitahapanalisis, perancangan, pengembangan, implementasi, danevaluasi. Tahapanalisismeliputianalisiskurikulum, kebutuhan, dankarakteristiksiswa. Tahapperancanganmeliputipenyusunanrancangan RPP, petakebutuhandankerangka LKS, perencanaanalatevaluasi, sertapenyusunandanvalidasiinstrumen. Tahappengembanganmeliputipengembangan RPP dan LKS, sertavalidasiperangkatpembelajaran. Tahapimplementasimeliputiujicobadananalisiskualitasperangkatpembelajaran. Tahapevaluasimeliputiperbaikanperangkatpembelajaran. (2) Produkperangkat pembelajaran matematika yang dihasilkanadalahempat RPP danempat LKS. Kualitas masing-masing aspek dengan skor maksimal 5 adalah aspek kevalidandikategorikan validdenganperolehanskor rata-rata 4,01 untuk RPP dan 4,03 untuk LKS, aspek kepraktisandikategorikanpraktisdenganperolehanskor rata-rata 4,05 untukangketresponssiswadanskor rata-rata 4,19 untukketerlaksanaanpembelajaran, sertaaspekkeefektifandikategorikansangatefektifdenganpersentaseketuntasansiswapadahasilpost-test adalah 82,86%. Kata Kunci: PengembanganPerangkatPembelajaran, Pendekatan Guided Discovery, Lingkaran, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 00:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |