PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Firstananda, Erba and Sugiyono, Sugiyono (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengembanganperangkatpembelajaranmatematikamaterilingkarandenganpendekatanguided discoveryuntuksiswakelas VIII SMP danmendeskripsikankualitasnya. Penelitianpengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiridaritahapanalysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), danevaluation (evaluasi). Subjekpenelitianadalahpeneliti, guru matematika, dansiswakelas VIII D SMP Negeri 15 Yogyakarta. Instrumenpenelitianterdiridarilembarpenilaian RPP dan LKS untukmengukurkevalidanperangkatpembelajaran, angketresponssiswadanlembarobservasikegiatanpembelajaranuntukmengukurkepraktisanperangkatpembelajaran, sertasoalpost-test untukmengukurkeefektifanperangkatpembelajaran. Hasilpenelitianberupa: (1) Pengembanganperangkatpembelajaranmatematikamaterilingkarandenganpendekatanguided discovery untuksiswakelas VIII SMP dilakukanmelaluitahapanalisis, perancangan, pengembangan, implementasi, danevaluasi. Tahapanalisismeliputianalisiskurikulum, kebutuhan, dankarakteristiksiswa. Tahapperancanganmeliputipenyusunanrancangan RPP, petakebutuhandankerangka LKS, perencanaanalatevaluasi, sertapenyusunandanvalidasiinstrumen. Tahappengembanganmeliputipengembangan RPP dan LKS, sertavalidasiperangkatpembelajaran. Tahapimplementasimeliputiujicobadananalisiskualitasperangkatpembelajaran. Tahapevaluasimeliputiperbaikanperangkatpembelajaran. (2) Produkperangkat pembelajaran matematika yang dihasilkanadalahempat RPP danempat LKS. Kualitas masing-masing aspek dengan skor maksimal 5 adalah aspek kevalidandikategorikan validdenganperolehanskor rata-rata 4,01 untuk RPP dan 4,03 untuk LKS, aspek kepraktisandikategorikanpraktisdenganperolehanskor rata-rata 4,05 untukangketresponssiswadanskor rata-rata 4,19 untukketerlaksanaanpembelajaran, sertaaspekkeefektifandikategorikansangatefektifdenganpersentaseketuntasansiswapadahasilpost-test adalah 82,86%. Kata Kunci: PengembanganPerangkatPembelajaran, Pendekatan Guided Discovery, Lingkaran, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20112

Actions (login required)

View Item View Item