PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

DYAH, RATNA UTAMI (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dyah Ratna Utami 07520244094.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA oleh : DYAH RATNA UTAMI NIM : 07520244094 Pengembangan media pembelajaran yang mampu memuat berbagai jenis text, graphic, audio dan video dapat membantu dalam sebuah pembelajaran, salah satunnya adalah media pembelajaran dengan materi topologi jaringan komputer berbasis Macromedia Flesh Professional 8. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran topologi jaringan komputer berbasis Macromedia Flash Professional 8 untuk siswa kelas XII jurusan multimedia di SMK Negeri 7 Yogyakarta. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi sebagai bahan ajar bagi siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. (1) Analysis, tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan awal dalam mengembangkan media ini. (2) Design, tahapan pembuatan desain navigasi dan storyboard yang akan dikembangkan. (3) Development, pengembangan produk berdasarkan desain navigasi dan storyboard dengan menggunakan software Macromedia Flash Professional 8. (4) Implementation, pengujian produk yang divalidasi kepada 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi. Kemudian, diujikan kepada siswa kelas XII Multimedia yang berjumlah 33 siswa di SMK Negeri 7 Yogyakarta, untuk mendapatkan nilai dari kelayakan media pembelajaran. (5) Evaluation, merupakan tahapan terakhir untuk menganalisis nilai yang di dapat dari uji kepada siswa. Hasil uji kelayakan kepada siswa diperoleh penilaian dan respon dari angket. Angket tersebut kemudian dianalisis, untuk mendapatkan persentase dari tiga komponen, yaitu : (a) Kualitas materi pembelajaran sebesar 70,58%, berada dalam kategori layak. (b) Tampilan media sebesar 62,50%, berada dalam kategori layak. (c) pengoperasian/penggunaan media sebesar 71,97%, berada dalam kategori layak. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran topologi jaringan komputer layak untuk digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash Professional 8, Topologi Jaringan Komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20106

Actions (login required)

View Item View Item