HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Ginanjar Mukti Priaswandy, Ginanjar (2015) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Ginanjar Mukti Priaswandy_10104244037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat self efficacy siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Yogyakarta, (2) tingkat perilaku menyontek siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta, (3) hubungan negatif antara self efficacy dan perilaku menyontek pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, diambil dengan teknik proporsional random sampling, sebanyak 112 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner instrumen penelitian, yaitu skala self efficacy dan skala perilaku menyontek. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self efficacy siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta mayoritas berada pada tingkat “sedang” sebanyak 58 siswa (51,79%); (2) perilaku menyontek siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta mayoritas berada pada tingkat “sedang” sebanyak 60 siswa (53,57%); dan (3) terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta dimana nilai r hitung lebih besar dari r tabel (-0,503>0,195) dan nilai signifikansi sebesar p=0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hal tersebut berarti semakin rendah self efficacy siswa maka semakin tinggi perilaku menyontek pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta, sebaliknya semakin semakin tinggi self efficacy siswa maka semakin rendah perilaku menyontek pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta. . Kata kunci: self efficacy dan perilaku menyontek

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item