PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PERSIAPAN PENGOLAHAN MAKANAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

DWI YANU MARDI, SULISTYOWATI (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PERSIAPAN PENGOLAHAN MAKANAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
DWI YANU MARDI SULISTYOWATI 09511241010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Persiapan Pengolahan Makanan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Oleh: Dwi Yanu Mardi Sulistyowati 09511241010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran persiapan pengolahan makanan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, 2) meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran persiapan pengolahan makanan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan 3) meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran persiapan pengolahan makanan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Juni 2013 di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji kualitas instrumen yang dilakukan adalah validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran butir soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran menggunakan metode NHT berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaa yang dilakukan, aktivitas peserta didik tergolong tinggi, yaitu 88,39%. 2) Metode NHT dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kategori keaktifan dari siklus I ke siklus II yaitu dari sedang (66,07%) ke tinggi (88,39%). 3) Metode NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, penelitian siklus I hasil pre test menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 3% dan hasil post test menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 96%. Pada pre test siklus II menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 0% dan hasil post test menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 97%. Peningkatan nilai peserta didik dapat dilihat dari mean nilai siklus I 31,00 menjadi 36,00 pada siklus II. Kata Kunci: Pembelajaran; Keaktifan; Hasil Belajar; NHT (Numbered Heads Together)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20100

Actions (login required)

View Item View Item