HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG ATRAKSI INTERPERSONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Doni, Tri Anggono W. (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG ATRAKSI INTERPERSONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dias Timur Wirawan 07503244036.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG ATRAKSI INTERPERSONAL GURU, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : Doni Tri Anggono W. 10504247022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang atraksi interpersonal guru, fasilitas belajar dan lingkungan belajar dengan motivasi siswa kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jumlah populasi sebesar147 siswa dan jumlah sampel yang digunakan sebesar 107 siswa dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Untuk uji validitas istrumen menggunakan rumus product momen dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha crobanch. Uji persyaratan analisis yaitu untuk normalitas data menggunakan rumus chi kuadrat dan uji linieritas dengan rumus regresi sederhana. Untuk uji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan rumus korelasi product momen, sedangkan untuk uji hipotesis ke empat menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang atraksi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dari harga rhitung lebih besar daripada r tabel (0,559 > 0,190 ) dan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (6,922 > 1,983) dengan n =107 pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar di sekolah dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar daripada r tabel (0,314 > 0,190) dan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (3,388 > 1,983) dengan n = 107 pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan belajar di sekolah dengan motivasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar daripada r tabel (0,261 > 0,190) dan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (2,863 > 1,983) dengan n = 107 pada taraf signifikansi 5%, (4

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item View Item