PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA DAN BAHAN PELAPIS PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG

DIAN, MAYASARI (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA DAN BAHAN PELAPIS PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dian Mayasari-09513241037.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI JENIS BAHAN UTAMA DAN BAHAN PELAPIS PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG Oleh: Dian Mayasari 09513241037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan modul pembelajaran kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang, dan 2) mengetahui kelayakan penggunaan modul pembelajaran kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, dan 5) uji lapangan skala besar dan produk akhir. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat dari ahli. Hasil uji validitas instrumen oleh ahli dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach, diperoleh indeks sebesar 0,919 lebih besar dari 0,7. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) produk berupa modul pembelajaran kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang, 2) modul kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis yang layak digunakan baik dari aspek materi maupun media. Kelayakan modul berdasarkan penilaian para ahli termasuk dalam kategori layak dengan persentase kelayakan 100%. Kelayakan modul berdasarkan penilaian siswa termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor total 4757 dan persentase 82,58%, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Magelang. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, mengidentifikasi jenis bahan utama dan bahan pelapis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 02:39
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item