PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK

Diah, Nurani Pratiwi (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Diah Nurani 09513247009.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK Oleh DIAH NURANI PRATIWI 09513247009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran menggambar busana yang siap diimplementasikan; 2) mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran menggambar busana sebagai media pembelajaran dikelas; 3) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran menggambar busana melalui hasil uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penyusunan yang mengadaptasi model Borg and Gall dan William W. Lee & Diana L. Owen. Tahapan-tahapan dari penelitian ini meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap uji coba lapangan dan diseminasi terbatas. Penelitian ini melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 guru SMK Tata Busana, dan 33 siswa SMK Negeri 1 Pringapus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif data berupa uraian saran dari para ahli serta data hasil penilaian yang kemudian diubah menjadi nilai skor dengan skala Likert. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa 1) prosedur pengembangan media pembelajaran menggambar busana menggunakan 5 tahap pengembangan; 2) media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran menggambar busana dengan kriteria sangat baik ditinjau dari aspek pembelajaran, kebenaran isi, tampilan pemrograman, penyajian materi dan karakter. Hasil peninjauan dan penilaian dari ahli media (skor 4,201), ahli materi (skor 4,6), guru (skor 4,360); 3) pendapat peserta didik tentang media pembelajaran menggambar busana menunjukkan bahwa pada kriteria baik dengan rerata skor 4,07. Kata kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Menggambar Busana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20091

Actions (login required)

View Item View Item