PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN BUSANA SEKOLAH ANAK PEREMPUAN UNTUK SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

DIAH, FATMAWATI (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN BUSANA SEKOLAH ANAK PEREMPUAN UNTUK SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Diah Fatmawati 09513241016.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN BUSANA SEKOLAH ANAK PEREMPUAN UNTUK SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh: Diah Fatmawati 09513241016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) pengembangan modul pembuatan busana sekolah anak perempuan untuk siswa kelas XI di SMK N 4 Yogyakarta, 2) mengetahui tingkat kelayakan penggunaan modul pembelajaran pembuatan busana sekolah anak perempuan untuk kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Deveplopment/ penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahap-tahapan dalam penelitian ini yaitu: 1) melakukan analisis kebutuhan produk , 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba modul, dan 5) produk akhir. Uji validitas instrument angket menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat dari ahli dan uji validitas produk menggunakan validitas konstruk yang dianalisa dengan rumus product moment. Penelitian ini melibatkan 2 ahli materi dan 2 ahli media dalam memvalidasi tingkat kelayakan modul. 10 siswa dipilih dengan purposive sampling sebagai sampel uji coba skala kecil. 30 siswa dipilih sebagai sampel uji coba skala besar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif data berupa uraian saran dari para ahli serta hasil penilaian yang kemudian diubah menjadi nilai skor skala likert. Hasil penelitian ini yaitu: 1) produk modul pembuatan busana sekolah anak perempuan dengan satu desain yang sama untuk siswa kelas XI Busana butik di SMK N 4 Yogyakarta. 2) modul pembuatan busana sekolah anak perempuan, yang telah dalam kategori “Layak” menurut ahli media dengan skor rerata 29 dan ahli materi dengan skor rerata 22 sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar, tingkat kelayakan modul menurut siswa, tergolong pada kategori sangat layak dengan skor total 3039 dan rerata 84,81 sehingga modul pembuatan busana sekolah anak perempuan baik digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran kelas XI di SMK. Kata kunci: pengembangan modul, kelayakan Modul, Busana Sekolah Anak Perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jun 2015 02:25
Last Modified: 29 Jan 2019 23:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20088

Actions (login required)

View Item View Item