PENGARUH ETIKA, KOMPETENSI, DAN PENGALAMAN DALAM MENGELOLA BARANG MILIK NEGARA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH PUSAT (Survai Pada Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Di Lingkungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

BACHTIAR RIFA’I, ADITYA (2015) PENGARUH ETIKA, KOMPETENSI, DAN PENGALAMAN DALAM MENGELOLA BARANG MILIK NEGARA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH PUSAT (Survai Pada Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Di Lingkungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aditya Bachtiar Rifa'i.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh Etika dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, (2) mengetahui pengaruh Kompetensi dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, (3) mengetahui pengaruh Pengalaman dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, (4) dan mengetahui pengaruh Etika, Kompetensi, dan Pengalaman dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat secara bersama-sama. Objek dalam penelitian ini adalah Kualitas Laporan Keuangan, Etika, Kompetensi, dan Pengalaman Pengelola Barang Milik Negara Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Lingkungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu pegawai pengelola Barang Milik Negara Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Lingkungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach Alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh etika dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dengan nilai signifikansi 0,001 dan t hitung 3,528 (2) terdapat pengaruh kompetensi dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dengan nilai signifikansi 0,000 dan t hitung 4,536 (3) terdapat pengaruh pengalaman dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dengan nilai signifikan 0,029 dan t hitung 2,287 (4) secara bersama-sama terdapat pengaruh etika, kompetensi, dan pengalaman dalam mengelola Barang Milik Negara terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dengan nilai f hitung 19,816 dan signifikansi 0,000. Etika, Kompetensi, dan Pengalaman dalam mengelola Barang Milik Negara memberikan kontribusi terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat sebesar 65,7%, sedangkan sisanya sebesar 34,3% dipengaruhi faktor lain. Sementara kelemahan penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang menggunakan kuesioner dalam hal objektivitas perolehan jawaban responden. Kata Kunci : Etika, Kompetensi, Pengalaman, dan Kualitas Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20073

Actions (login required)

View Item View Item