EVALUASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 PENGASIH 2014/2015

WIJAYANTI, ANDYANA SEPTY (2015) EVALUASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 PENGASIH 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Other
Skripsi_Andyana Septy_11403241010_FE.PDF

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akuntansi di kelas X SMK Negeri 1 Pengasih 2014/2015, (2) tingkat kemandirian belajar dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Pengasih 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pengasih yang beralamat di Jalan Kawijoyo No 11 Pengasih pada bulan Maret 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih yang berjumlah sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner/ angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih 2014/2015 berjalan baik dilihat dari hasil lembar observasi sebesar 85,71% guru telah menyusun silabus, RPP, serta pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan ketetapan kurikulum 2013 yang telah berlaku. Kemudian siswa juga menilai bahwa penerapan kurikulum 2013 bejalan baik yaitu sebesar 68,75%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 sesuai dengan ketetapan yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru masih merasa kesulitan dalam penilaian sikap yang terlalu rumit, guru masih menggunakan metode diskusi, serta perlu pembiasaan dan diklat bagi semua guru agar penerapan dapat maksimal, (2) tingkat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih dalam kategori baik yaitu sebesar 65,62%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dalam penerapan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Pengasih 2014/2015 semuanya berjalan dengan baik. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Penerapan Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20071

Actions (login required)

View Item View Item