PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SMK KELAS X AKUNTANSI DENGAN KOMPETENSI DASAR KREDIT MACET

Nur Aziza, Luthviana (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SMK KELAS X AKUNTANSI DENGAN KOMPETENSI DASAR KREDIT MACET. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif untuk siswa kelas X akuntansi dengan kompetensi dasar kredit macet sebagai sumber belajar dan media pembelajaran yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( research and development ). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg and Gall. Adapun tahapan tersebut yaitu : Pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Tahap pendahuluan meliputi analisis kebutuhan yakni dengan melaksanakan studi lapangan dan studi pustaka. Tahap perencanaan meliputi menentukan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan pengembangan materi pembelajaran. Tahap pengembangan meliputi mengumpulkan bahan-bahan pendukung, tahapan pengembangan desain produk, finishing prototype produk, dan validasi ahli. Setelah produk melalui tahap validasi ahli dan dinyatakan layak maka dilanjutkan dengan tahap uji coba. Tahap uji coba produk, produk multimedia pembelajaran interaktif diuji cobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba satu-satu yang melibatkan 2 siswa, uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 siswa, dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 20 siswa sebagai subjek penelitia. Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Magelang. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan aspek pemrograman, kualitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dengan presentase 82,4%. dengan demikian, dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran dasar-dasar perbankan pada kompetensi dasar kredit macet sudah layak digunakan oleh siswa kelas X SMK Negeri 2 Magelang sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok. Kata kunci ; Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pembelajaran, Kredit Macet, Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20068

Actions (login required)

View Item View Item