ANALISIS MIKRO DAN MAKROSTRUKTURAL WACANA IKLAN JAM TANGAN ROLEX PADA MAJALAH ELLE EDISI JANUARI-MARET 2011

Wibisono, Radna Tulus (2014) ANALISIS MIKRO DAN MAKROSTRUKTURAL WACANA IKLAN JAM TANGAN ROLEX PADA MAJALAH ELLE EDISI JANUARI-MARET 2011. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Radna Tulus Wibisono 07204244007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis penanda kohesi, (2) jenis penanda koherensi, (3) konteks situasi wacana iklan produk jam tangan Rolex.Sumber data penelitian ini adalah majalah Elle edisi Januari-Maret 2011, sedangkan data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat berpenanda kohesi dan koherensi, serta tanda linguistik dan tanda non-linguistik yang terdapat dalam iklan produk jam tangan Rolex dalam majalah Elle. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih untuk menganalisis kohesi dan koherensi, serta metode padan untuk menganalisis konteks situasi dan konteks sosial budaya. Keabsahan data diperoleh melalui validitas isi dan pertimbangan para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur kohesi dan koherensi wacana iklan jam tangan Rolex pada majalah Elle membentuk kepaduan makna dan kerapian bentuk. Berdasarkan hasil analisis mikrostruktural diperoleh jenis penanda kohesi yang bervariasi, yaitu berupa kohesi gramatikal dan leksikal. Kohesi gramatikal meliputi referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Sedangkan, kohesi leksikal terdapat repetisi. Jenis penanda koherensi yang terdapat dalam iklan produk jam tangan Rolex dalam majalah Elle berupa pertalian makna aditif dan pertalian makna pertentangan. Berdasarkan hasil analisis makrostruktural diperoleh bahwa tujuh dari iklan produk jam tangan Rolex dalam majalah Elle yang dianalisis, menampilkan foto model wanita yang menggunakan produk jam tangan Rolex dan hanya satu iklan jam tangan yang hanya menampilkan foto produk jam tangan Rolex. Foto model wanita pada ilustrasi gambar merepresentasikan keunggulan dari jam tangan Rolex yang diiklankan.Judul iklan ditulis dengan huruf yang lebih besar dan tebal daripada tulisan lainnya, tujuannya untuk menarik perhatian pembaca. Proposisi yang digunakan pada judul iklan menekankan pada keunggulan jam tangan Rolex. Isi teks Headline) terdapat dua jenis, teks yang menjelaskan judul iklan dan teks yang menjelaskan rincian produk jam tangan Rolex. Isi teks yang menjelaskan mengenai judul iklan, terdapat di seluruh iklan, sedangkan teks berisi rincian produk hanya terdapat pada iklan Femme de tête dan Femme d’action.Warna dominan pada iklan adalah warna hitam, putih dan coklat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mikro dan makrostruktural, iklan, elle
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 06:44
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item