EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMAN 2 WONOSARI

Pradhesta, Yayang Fajar (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMAN 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. HALAMAN DEPAN Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2. ABSTRAK Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Published Version

Download (47kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Published Version

Download (77kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Published Version

Download (217kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Published Version

Download (228kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (FIS Digital)
8. LAMPIRAN Geo 09405241033 Yayang Fajar Pradhesta.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah belum dimanfaatkannya e-Learning yang sudah tersedia di SMAN 2 Wonosari pada proses pembelajaran dalam mengatasi kurangnya alokasi waktu tatap muka di kelas dan dalam meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-Learning di SMAN 2 Wonosari dalam meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran konvensional dan pembelajaran e-Learning. Variabel terikat adalah hasil belajar. Populasi penelitian adalah 192 siswa kelas X SMAN 2 Wonosari. Sampel penelitian diambil secara pusposive sehingga diperoleh masing-masing 32 siswa dari kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Validitas instrumen dihitung dengan Pearson Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik parametris yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas serta uji t untuk menguji hipotesis. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 18.00 for Windows dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran ELearning masuk dalam kriteria sedang dengan indeks normalized gain sebesar 0,47, sedangkan hasil pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria rendah yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,08. Peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran E-Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar, diperoleh zℎ

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 05 Jun 2015 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 23:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20050

Actions (login required)

View Item View Item