INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI JURUSAN GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 SEDAYU

Dhadhang, Gunawan (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI JURUSAN GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dhadhang Gunawan 08505245001.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI JURUSAN GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 SEDAYU Oleh: Dhadhang Gunawan 08505245001 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model penyusunan silabus mata pelajaran Gambar Teknik Dasar yang terintegrasi pendidikan karakter dan menghasilkan draft rancangan silabus Gambar Teknik Dasar yang terintegrasi pendidikan karakter di SMK N 1 Sedayu. Di sekolah belum terdapat standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menghasilkan pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam Silabus mata pelajaran Gambar Teknik Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan prosedur Research and Development (R&D). Rencana pelaksanaan penelitian dibuat dalam dua tahap, yaitu: (1) pengembangan produk, dan (2) pengujian ke-efektifan produk. Secara rinci, langkah penelitian R&D pada penelitian ini adalah: merancang produk, mengembangkan produk, validasi ahli, uji coba, dan revisi produk, sampai didapatkan produk yang dianggap cukup baik mencapai tujuan. Hasil validasi ahli materi terhadap pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam silabus adalah: 1) prinsip kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian dengan revisi, 2) pembuatan indikator pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar menggambarkan perilaku seorang siswa berkenaan dengan pengintegrasian pendidikan karakter, 3) standar penilaian dalam pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam silabus adalah bahwa penilaian hasil pekerjaan 70 % dan sikap/karakter 30 % , 4) proses pengintegrasian pendidikan karakter dalam pengembangan silabus meliputi kompetensi dasar, strategi pembelajaran, dan proses pembelajaran. Kata kunci : integrasi, pendidikan karakter, gambar teknik dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 05 Jun 2015 03:53
Last Modified: 29 Jan 2019 23:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item