UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIIIB SMP N 3 NGAWEN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Desti, Nugroho (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIIIB SMP N 3 NGAWEN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Deni Nugroho 11502247011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIIIB SMP N 3 NGAWEN PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ABSTRAK Sebagian besar pembelajaran Keterampilan Elektronika masih dilaksanakan secara konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan tidak bersemangat mengikuti proses pembelajaran sehingga kemampuan berkomunikasi dan pemahaman konsep siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan pemahaman konsep siswa kelas VIIIB SMP N 3 Ngawen pada pembelajaran Keterampilan Elektronika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran Keterampilan Elektronika langsung dikaitkan dengan lingkungan kehidupan sehari-hari siswa sehingga akan lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sekaligus sebagai peneliti. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 3 Ngawen yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, kemudian dilakukan triangulasi untuk keabsahan data. Langkah pembelajaran yang dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran CTL yang mencakup kontruktivisme, bertanya, menemukan, komunitas belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian otentik. Penerapan pembelajaran CTL pada matreri dasar-dasar listrik, dan aplikasi elektronika ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat bagian penting yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dalam dua kali tatap muka, Pembelajaran dikaitkan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari sehingga lebih mengena dan mudah dipahami. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : 1)Terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi dari 32% siswa pada peretemuan pertama siklus I, menjadi 52% pada pertemuan kedua siklus II. 2)Terjadi peningkatan pemahaman konsep meliputi : jumlah siswa yang mencapai KKM, nilai rata-rata pretest-postest dan Gain. Siswa mencapai KKM meningkat dari 52% pada siklus I menjadi 68% pada siklus II. Nilai rata-rata 43,56 (pretest) menjadi 62 (postest) pada siklus I,dan pada siklus II dari 39,04 (pretest) menjadi 69,96 (postest). Gain 0,33 pada siklus I meningkat menjadi 0,51 pada siklus II. Kata kunci : Keterampilan Elektronika, pendekatan CTL, kemampuan berkomunikasi, pamahaman konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 05 Jun 2015 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 23:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20035

Actions (login required)

View Item View Item