PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA DENGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GRABAG PURWOREJO (Penelitian Tindakan Kelas)

Lestari, Sukranis Muji (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA DENGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GRABAG PURWOREJO (Penelitian Tindakan Kelas). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sukranis Muji Lestari 07205241058.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan media permainan scrabble pada siswa kelas V SD Negeri Grabag. Media permainan scrabble merupakan salah satu bentuk permainan bahasa yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Grabag tahun ajaran 2011/2012, dengan objek penelitian berupa peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik dan validitas proses, sedangkan reliabilitas data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama dapat dilakukan melalui penggunaan media permainan scrabble. Hasil yang diperoleh dapat dillihat dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses dapat dilihat berdasarkan semakin aktifnya siswa serta motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sebelum diberikan tindakan suasana kelas sangat tidak kondusif. Siswa kurang berani untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Setelah diberikan tindakan terjadi peningkatan pada proses pembelajaran. Hal itu dapat dilihat dari antuasias dan perhatian siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung setelah diberikan tindakan. Keberhasilan produk dapat dilihat berdasarkan hasil peningkatan nilai rata-rata kelas. Kegiatan pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 59,19. Setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 69,2. Siklus berikutnya mengalami peningkatan nilai rata-rata yakni siklus II menjadi 73,09 dan siklus III menjadi 80,53.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berbicara, krama, scrabble
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 04 Jun 2015 07:52
Last Modified: 29 Jan 2019 23:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item View Item