PENGELOLAAN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL

Ratna Dwi, Sulanjari (2015) PENGELOLAAN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ratna Dwi Sulanjari.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan laboratorium IPA yang meliputi : (1) perencanaan program kerja laboratorium IPA; (2) pengorganisasian laboratorium; (3) pelaksanaan program kerja laboratorium IPA; dan (4) pengawasan dan evaluasi program kerja laboratorium IPA di SMP N seKecamatan Pandak kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu 4 Kepala Sekolah, 17 Guru IPA, 4 Wakasek Kurikulum, dan 4 Wakasek Sarpras se-Kecamatan Pandak Bantul yang keseluruhannya berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data adalah angket, observasi dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Perencanaan program kerja laboratorium IPA di SMP N se-Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul dengan rincian sebagai berikut: SMP N 1 Pandak Perencanaan Program kerja laboratorium IPA (62,50%) dinyatakan baik; SMP N 2 Pandak (66,67%) dinyatakan baik; SMP N 3 Pandak (42,86%) dinyatakan cukup; SMP N 4 Pandak (62,50%) dinyatakan baik; (2) Pengorganisasian laboratorium IPA di SMP N seKecamatan Pandak, Kabupaten Bantul dengan rincian sebagai berikut: SMP N 1 Pandak (62,50%) dinyatakan bai; SMP N 2 Pandak (50,00%) dinyatakan cukup; SMP N 3 Pandak (57,14%) dinyatakan cukup; SMP N 4 pandak ( 50,00%) dinyatakan cukup; (3) Pelaksanaan program kerja laboratorium IPA di SMP N seKecamatan Pandak, Kabupaten Bantul dengan rincian sebagai berikut: SMP N 1 Pandak (62,50%) dinyatakan baik; SMP N 2 Pandak (66,67%) dinyatakan baik; SMP N 3 Pandak (42,86%) dinyatakan cukup; SMP N 4 Pandak (75,00%) dinyatakan baik; dan (4) Pengawasan dan evaluasi program kerja laboratorium IPA di SMP N se-Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul dengan rincian sebagai berikut: SMP N 1 Pandak (62,50%) dinyatakan baik; SMP N 2 Pandak (76,67%) dinyatakan baik; SMP N 3 Pandak (42,86%) dinyatakan cukup; SMP N 4 Pandak (62,50%) dinyatakan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20005

Actions (login required)

View Item View Item