PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEEFEKTIFAN KINERJA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SLEMAN

Prasesti Puspita, Dewi Kunadi (2015) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEEFEKTIFAN KINERJA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prasesti Puspita Dewi Kunadi.pdf

Download (55MB) | Preview

Abstract

hadap keefektifan kinerja SD di Kecamatan Sleman; (2) pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap keefektifan kinerja SD di Kecamatan Sleman; dan (3) pengaruh secara bersama-sama motivasi kerja dan kompetensi kepala sekolah terhadap keefektifan kinerja SD di Kecamatan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan 3 variabel yaitu motivasi kerja, kompetensi kepala sekolah, dan keefektifan kinerja sekolah. Populasi penelitian adalah 34 SD, namun yang masuk dalam penelitian adalah 28 SD karena 6 SD tidak memenuhi kriteria menjadi subjek penelitian. Responden penelitian ini adalah 28 kepala sekolah dan 226 guru, disamping itu, informasi tentang akreditasi sekolah berdasarkan pada sertifikat/ keterangan akreditasi SD yang masih berlaku hingga tahun 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Untuk validitas data menggunakan validitas isi. Selanjutnya reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha. Adapun uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman dengan sumbangan efektif sebesar 4,9%. (2) terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman dengan sumbangan efektif sebesar 54,9%. (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama motivasi kerja dan kompetensi kepala sekolah terhadap keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman dengan sumbangan efektif sebesar 56,3%. Hal tersebut berarti 43,7% keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, antara lain adalah kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dukungan staf, pembiayaan sekolah, sarana dan prasarana, dan iklim sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 23:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20003

Actions (login required)

View Item View Item