PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Annas, Akhmed Fauzia (2013) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
PKN 07401244030 Akhmed Fauzia Annas Halaman Depan.swf - Published Version

Download (266kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 07401244030 Akhmed Fauzia Annas BAB I PRIN.swf - Published Version

Download (66kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 07401244030 Akhmed Fauzia Annas BAB II PRIN.swf - Published Version

Download (212kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 07401244030 Akhmed Fauzia Annas BAB III PRIN.swf - Published Version

Download (54kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 07401244030 Akhmed Fauzia Annas BAB IV PRIN.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 07401244030 Akhmed Fauzia Annas BAB V PRIN.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta melalui kegiatan ekstrakurikuler praja muda karana; (2) mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta dalam menanamkan nilainilai karakter kebangsaan siswa; dan (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk menanggulangi hambatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karakter kebangsaan siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian mencakup Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Yogyakarta, guru pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Yogyakarta, pembina pramuka SMP Negeri 1 Yogyakarta, dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 7 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi (Triangulation). Analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan dengan proses learning by doing (belajar sambil melakukan), learning by teaching (belajar sambil mengajar), learning to earn (belajar untuk mencari penghasilan), learning to live (belajar untuk hidup), dan living to serve (hidup untuk mengabdi); (2) hambatan-hambatan dalam menanamkan nilai-nilai karakter kebangsaan antara lain: siswa malas untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka, kurangnya SDM yang berkompeten, penyampaian materi yang belum maksimal, kurangnya kesadaran siswa dalam kegiatan pramuka dan, (3) upaya-upaya yang dilakukan SMP Negeri 1 Yogyakarta untuk menanggulangi hambatanhambatan dalam penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan di antaranya adalah: pemberian sanksi dengan cara memberikan skor hukuman terhadap siswa yang tidak hadir dalam ekstrakurikuler pramuka, pengadaan tenaga pembina pramuka yang professional dan berkompeten, penyampaian materi yang menarik, dan membangun kesadaran siswa untuk turut serta dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:46
Last Modified: 26 Oct 2015 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item