HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Widyastuti, Ika (2013) HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALISME GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti cover.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti ABSTRAK.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti BAB I.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti BAB II.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti BAB III.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti BAB IV.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti BAB V.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Other (FIS Digital)
PKN 08401241003 Ika Widyastuti lampiran fik.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar PKn siswa ;(2) hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru dengan prestasi belajar PKn; dan (3) hubungan minat belajar dan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn siswa Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N SE Kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013yaitu 2099 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 301 siswa di ambil dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data untuk variabel minat dan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru dengan menggunakan angket, sedangkan data prestasi siswa dengan menggunakan metode dokumentasi. Uji coba validitas instrumen dilakukan pada 23 siswa SMA N 1 Ngluwar dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson yang kemudian dilakukan koreksi menggunakan rumus Part Whole Correlation. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Chronbach. Untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar Pkn dan hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru dengan prestasi belajar PKn siswa digunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan korelasi parsial, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru dengan prestasi belajar PKn siswa digunakan teknik analisis regresi ganda dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis statistik disimpulkan (1) Ada hubungan yang sangat signifikan antara minat belajar pkn siswa dengan prestasi belajar siswa di SMA N se Kabupaten Magelang, dengan r hitung 0,502, sedangkan r tabel sebesar 0,113 pada taraf signifikan 5% dan n = 301,sedangkan pada taraf 1% nilai r tabel sebesar 0,148.(2) Ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap profesionalisme guru dengan prestasi belajar Pkn di SMA N se Kabupaten Magelang, dengan r hitung 0,530, sedangkan r tabel sebesar 0,113 pada taraf signifikan 5% < 0,05 dan n = 301 sedangkan pada taraf 1% nilai r tabel sebesar 0,148.Hasil analisis regresi dengan nilai R regresi sebesar 0, 640 , sedangkan F tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,113 dan nilai r pada taraf signifikan 1% sebesar 0,148, jadi ro > rt 1% bearti hubungan tersebut sangat signifikan.Dengan ini berarti bahwa 0, 640 > 0,113 jadi ketiga variabel dalam penelitian ini mempunyai hubungan yang sangat signifikan. Dengan sumbangan relatif 46, 2% diberikan oleh variabel minat belajar dan sumbangan efektif sebesar 18,9% sedangkan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru memberikan sumbangan relatif sebesar 53,8% dan sumbangan efektif sebesar 22,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:33
Last Modified: 29 Jan 2019 23:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19966

Actions (login required)

View Item View Item