PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KKPI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET DI SMK NEGERI 1 DEPOK

CAHYANINGTYAS, RAHMAWATI (2015) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KKPI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET DI SMK NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Cahyaningtyas Rahmawati 10520244036.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KKPI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET DI SMK NEGERI 1 DEPOK Oleh: Cahyaningtyas Rahmawati 10520244036 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) menyusun suatu produk berupa modul pembelajaran KKPI pada materi mengoperasikan software spreadsheet yang memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran menurut ahli dan guru mata pelajaran KKPI, (2) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran yang telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang meliputi 5 tahapan yaitu tahap (1) perencanaan; (2) pengembangan produk awal; (3) validasi produk; (4) Uji lapangan; dan (5) Diseminasi terbatas. Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu tiga orang ahli, satu orang guru mata pelajaran KKPI, dan 30 siswa SMK kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Depok. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) modul pembelajaran KKPI materi mengoperasikan software spreadsheet yang telah disusun memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penilaian modul oleh ahli dan guru mata pelajaran KKPI pada aspek kelayakan isi mendapat rerata skor (45,50) termasuk dalam kategori sangat baik, aspek bahasa mendapat rerata skor (16,85) termasuk dalam kategori sangat baik, aspek penyajian mendapat rerata skor (37,15) termasuk dalam kategori baik, dan aspek kegrafisan mendapat rerata skor (24,35) termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Kemandirian belajar siswa meningkat setelah menggunakan modul pembelajaran KKPI yang telah disusun. Hasil yang diperoleh dari rerata persentase peningkatan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul melalui angket mengalami peningkatan sebesar 7,01%, sedangkan melalui observasi meningkat sebesar 17,33%. Kata Kunci: Kelayakan, Modul, Kemandirian Belajar, KKPI, Spreadsheet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:04
Last Modified: 29 Jan 2019 23:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19958

Actions (login required)

View Item View Item