PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MB PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMKN 2 WONOSARI

Budi, Kristina (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MB PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Budi Kristina 09503241002.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MB PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI SMKN 2 WONOSARI Oleh: Budi Kristina 09503241002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui urutan proses penerapan metode pembelajaran peer teaching yang efektif pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi kelas X MB SMKN 2 Wonosari; (2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X MB SMKN 2 Wonosari dengan diterapkannya metode pembelajaran peer teaching pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, berlangsung dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum memasuki tahap siklus I, II dan III terdapat tahap pra siklus yang berguna untuk mengetahui prestasi dan keaktifan belajar sebelum diberi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MB SMKN 2 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013 pada proses pembelajaran standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi dan lembar observasi. Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan: (1) Urutan proses penerapan metode pembelajaran peer teaching yang efektif pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, yaitu: (a) Perencanaan dilakukan oleh peneliti dan guru dengan menyiapkan RPP, jobsheet, format WP, instrumen penelitian, daftar kelompok, media dan alat untuk dokumentasi; (b) Tindakan dilakukan oleh guru dan peer teaching; (c) Pengamatan dilakukan oleh peneliti dan guru, aspek yang diamati proses pembelajaran dan prestasi belajar. Selama proses pembelajaran berlangsung menunjukan adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran yang ditunjukan oleh meningkatnya keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 4,99 %, ke siklus II sebesar 33,26 %, dan ke siklus III sebesar 34,43 %; (d) Refleksi pada siklus I penerapan metode pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan prestasi belajar maka dilanjutkan pada siklus II untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan dilanjutkan pada siklus III untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa dengan merubah putaran praktik; (2) Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus I sebesar 3,9 %, ke siklus II sebesar 6,5 % dan ke siklus III sebesar 7,8 %. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 77, pada siklus I meningkat menjadi 80, pada siklus II meningkat menjadi 82 dan pada siklus III meningkat menjadi 83. Kata kunci: prestasi belajar, keaktifan belajar dan peer teaching vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:00
Last Modified: 29 Jan 2019 23:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item