PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN

RINI, DWI AMBAR (2013) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. HALAMAN DEPAN PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. ABSTRAK PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (FIS Digital)
8. LAMPIRAN PKN 09401244041 DWI AMBAR RINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, 2) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, 3) Pengaruh lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik population sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dijadikan subjek penelitian. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 33 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh variabel secara parsial, dan analisis regresi ganda untuk menguji pengaruh variabel secara bersama-sama. Dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, dibuktikan oleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,190>2,617) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,01 (0,000<0,01), 2) persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, dibuktikan oleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,452>2,617) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,01 (0,000<0,01), 3) lingkungan keluarga dan persepsi siswa tentang kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman, dibuktikan oleh nilai F hitung sebesar 53,897 lebih besar dari F tabel (53,897>4,82) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,01 (0,000<0,01) dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,519. Ini berarti 51,9% Prestasi Belajar PKn dijelaskan oleh Lingkungan Keluarga sebesar 18,0% dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru sebesar 33,8%, sedangkan 48,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:00
Last Modified: 29 Jan 2019 23:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19955

Actions (login required)

View Item View Item