UPAYA TUTOR MATA PELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI MODUL SMP TERBUKA KABUPATEN MAGELANG

Apriliani, Ade Nurmalita (2014) UPAYA TUTOR MATA PELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI MODUL SMP TERBUKA KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1 HALAMAN DEPAN PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2 ABSTRAK PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Other (FIS Digital)
3 BAB I PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Other (FIS Digital)
4 BAB II PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Other (FIS Digital)
5 BAB III PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Other (FIS Digital)
6 BAB IV PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Other (FIS Digital)
7 BAB V PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Other (FIS Digital)
8 LAMPIRAN PKN 07401244035 Ade Nurmalita Apriliani.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya tutor mata pelajaran PKn di SMP Terbuka Kabupaten Magelang dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi modul SMP Terbuka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan tutor dalam mengatasi kendala peningkatan pemahaman materi modul di SMP Terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Subjek dalam penelitian ini antara lain : 1) Tutor PKn SMP Terbuka 2) Kepala Sekolah SMP Terbuka 3) Siswa-Siswi SMP Terbuka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang keabsahannya diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisa induktif dengan tahapan reduksi, kategorisasi, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tutor PKn di SMP Terbuka Kabupaten Magelang telah melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman materi modul untuk siswa-siswi SMP Terbuka. Kegiatan yang telah dilakukan tutor PKn sebagai upaya meningkatkan pemahaman materi modul adalah : pada kegiatan pra pembelajarantutor mempersiapkan diri dengan menguasai materi sebelum diberikan kepada siswa, tutor mempersiapkan kesiapan siswa sebelum kegiatan tutorial. Pada kegiatan inti, tutor menyajikan materi secara runtut dengan mengaitkan dengan pengetahuan yang relevan dan realitas kehidupan sehari-hari, tutor menggunakan metode yang disesuaikan dengan kondisi siswa, tutor menggunakan media yang disesuaikan dengan materi. Pada kegiatan penutup, tutor menggunakan teknik evaluasi belajar untuk memotivasi dan mengetahui tingkat pemahaman siswa dan tutor menambahkan materi dan bahan belajar sebagai penunjang kegiatan tutorial. Kendala yang dihadapi oleh tutor PKn dalam meningkatkan pemahaman materi modul adalah kurang memahami karakteristik siswa, kesulitan mengendalikan kelas, kurang optimalnya menggunakan metode pembelajaran, waktu terbatas untuk menyampaikan materi. Kendala dari siswa adalah minat belajar dari siswa yang kurang dan kondisi ekonomi keluarga dan kendala dari lingkungan adalah jauhnya jarak antara sekolah dan tempat tinggal. Kata kunci : Tutor, Modul, SMP Terbuka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item View Item