IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KULON PROGO NOMOR 1 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KULON PROGO (Perencanaan Penataan Ruang Wilayah Kawasan Budidaya Penambangan Pasir Besi)

NASTITI, HIKMAH DEWI (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KULON PROGO NOMOR 1 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KULON PROGO (Perencanaan Penataan Ruang Wilayah Kawasan Budidaya Penambangan Pasir Besi). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1.HALAMAN AWAL PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2.ABSTRAK PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Other (FIS Digital)
3.BAB I PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Other (FIS Digital)
4.BAB II PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Other (FIS Digital)
5.BAB III PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Other (FIS Digital)
6.BAB IV PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Other (FIS Digital)
7.BAB V PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Other (FIS Digital)
8.LAMPIRAN PKN 10401244021 HIKMAH DEWI NASTITI.swf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan Peraturan Daerah Kulon Progo Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kulon Progo. Pengimplementasian kebijakan Peraturan Daerah Kulon Progo ini meliputi pelaksanaan faktor isi kebijakan, faktor lingkungan implementasi kebijakan berdasarkan teori Merille S. Grindle, kendala yang dihadapi dan upaya Pemerintah Daerah Kulon Progota Ruang Wilayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan dengan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dengan kriteria para pihakyang terlibat secara langsung dalam pengimplementasian kebijakan Peraturan Daerah Kulon Progo, sehingga subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Subid Tata Ruang dan Perhubungan Bappeda Kulon Progo, Seksi Pengendalian Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Desa Garongan, Kepala Desa Karangwuni, dan petani lahan pantai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, obsevasi dan dokumentasi.Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis induktif. Adapun langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implementasi kebijakan Peraturan Daerah Kulon Progo Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kulon Progo Kawasan Budidaya Pertambangan Pasir Besi dilihat dari faktor isi kebijakan menurut perspektif Merilee S. Grindle sudah baik namun masyarakat belum memahami isi Peraturan Daerah dan belum terlaksana sesuai yang harapan masyarakat. 2) Implementasi kebijakan Peraturan Daerah Kulon Progo Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kulon Progo dilihat dari faktor lingkungan kebijakan dengan perspektif Merilee S. Grindle terdapat pengaruh rezim yang berkuasa dan kurangnya responsivitas kelompok sasaran. 3) Kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progo yaitu kesadaran masyarakat tentang perencanaan penataan ruang wilayah masih relatif rendah, pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah belum optimal, dan terdapat penolakan kebijakan penambangan pasir besi. Upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo yaitu memberikan penyuluhan dan pembinaan terhadap masyarakat, memberikan pengawasan dan tindakan tegas terhadap penataan ruang wilayah Kulon Progo. Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Rencana Tata Ruang Wilayah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item View Item