EVALUASI TINGKAT KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI)

Auliya, Isti Makrifa (2015) EVALUASI TINGKAT KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Auliya Isti Makrifa 08505241010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EVALUASI TINGKAT KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA SEBAGAI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) Auliya Isti Makrifa 08505241010 Salah satu upaya pemerintah dalam mencetak lulusan lokal yang mampu berdaya saing di ranah internasional adalah melalui program Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Sekolah yang ingin mendapatkan gelar SBI harus mampu memenuhi standar minimal pemerintah, yaitu SNP. Salah satu lingkup dari SNP adalah standar sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan, baik sarana maupun prasarana ruang praktik masing-masing program keahlian Jurusan Bangunan SMK N 2 Yogyakarta yang didasarkan atas Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 serta Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara Ujian Kejuruan yang diterbitkan oleh BSNP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode penelitian evaluatif. Populasi yang diambil adalah seluruh sarana dan prasarana yang terdapat dalam ruang praktik Kelompok Keahlian Teknik Bangunan SMK N 2 Yogyakarta, baik yang ada di Program Keahlian TGB, TSP mupun TKBB. Dalam penelitian ini, jumlah populasi sama dengan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi serta wawancara. Validitas instrument dalam penelitian ini melalui expert judgments (construct validity). Analisis yang digunakan adalah dengan skala persentase. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tingkat kelayakan prasarana ruang praktik TGB SMK N 2 Yogyakarta sebesar 83,3% (sangat layak) untuk aspek rasio per peserta didik, serta sebesar 63% (layak) untuk aspek kapasitas ruang. Sedangkan untuk sarana terdiri dari beberapa rincian aspek seperti berikut: (1) perabot sebesar 88,6% (sangat layak), (2) peralatan sebesar 79,7% (sangat layak), (3) media sebesar 66,7% (layak) serta (4) perlengkapan lain sebesar 83,3% (sangat layak). Pada ruang praktik TSP, tingkat kelayakan prasarana ruang sebesar 74,1% (layak) untuk aspek rasio per peserta didik, serta sebesar 73,1% (layak) untuk aspek kapasitas ruang. Sedangkan untuk sarana terdiri dari beberapa rincian aspek seperti berikut: (1) perabot sebesar 97,4% (sangat layak), (2) peralatan sebesar 90,4% (sangat layak), (3) media sebesar 60% (layak) serta (4) perlengkapan lain sebesar 83,3% (sangat layak). Kemudian untuk ruang praktik TKBB, tingkat kelayakan prasarana ruang sebesar 50% (tidak layak) untuk aspek rasio per peserta didik, serta sebesar 100% (sangat layak) untuk aspek kapasitas ruang. Sedangkan untuk sarana terdiri dari beberapa rincian aspek seperti berikut: (1) perabot sebesar 89% (sangat layak), (2) peralatan sebesar 96,8% (sangat layak), (3) media sebesar 66,7% ( layak) serta (4) perlengkapan lain sebesar 100% (sangat layak). Kata kunci : kelayakan, sarana dan prasarana, SBI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 02:42
Last Modified: 29 Jan 2019 23:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19923

Actions (login required)

View Item View Item