Astri, Martanti (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KEMEJA ANAK PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA ANAK KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Astri Martani 09513241030.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KEMEJA ANAK PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA ANAK KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA Oleh: Astri Martanti 09513241030 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran kemeja anak pada mata pelajaran pembuatan busana anak kelas X di SMK Negeri 1 Depok, dan 2) mengetahui kelayakan penggunaan modul pembelajaran kemeja anak pada mata pelajaran pembuatan busana anak kelas X di SMK Negeri 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bidang Keahlian Busana Butik SMK Negeri 1 Depok sebanyak 31 siswa. Metode pengembangan modul ini terdiri dari 5 tahap yaitu: analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan terbatas dan revisi, uji coba luas dan produk akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket untuk menguji kelayakan modul pembuatan kemeja anak. Sebelum uji kelayakan modul, instrumen penelitian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) produk modul pembuatan kemeja anak untuk kelas X Bidang Keahlian Busana Butik yang sesuai dengan materi dalam silabus dan RPP yang diterapkan di SMK Negeri 1 Depok, 2) modul pembelajaran yang layak digunakan baik dari segi materi pembelajaran maupun tampilan modul. Kelayakan modul pembelajaran berdasarkan penilaian expert judgment termasuk dalam kategori layak dengan persentase kelayakan sebesar 100%. Dari uji coba terbatas terhadap 10 orang responden menghasilkan 88,83% dengan interpretasi sangat layak digunakan sebagai sumber belajar. Hasil keterbacaan modul pada uji coba luas terhadap 31 siswa menghasilkan presentase kelayakan modul sebesar 81,75% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul pembuatan kemeja anak sangat layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X Busana Butik di SMK Negeri 1 Depok. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, kemeja anak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 02:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |