PEMBUATAN MODUL SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 BAGI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

ASTI, WULANDARI (2015) PEMBUATAN MODUL SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 BAGI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ASTI WULANDARI-10511241009.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

PEMBUATAN MODUL SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 BAGI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Oleh : Asti Wulandari NIM. 10511241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui prosedur pembuatan modul Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja bagi siswa Kelas X Tata Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. 2) Mengetahui kelayakan modul Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D, dengan model 3D (Define, Design, and Develop). Subjek penelitian siswa kelas X Tata Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Objek dalam penelitian ini adalah modul Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja. Uji coba instrumen dilakukan pada 36 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara untuk menganalisis kebutuhan modul, dan angket untuk mengetahui kelayakan modul dari ahli media, ahli materi, dan siswa. Uji validitas konstruk dilakukan pada instrumen angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media dan angket untuk siswa dengan konsultasi ahli (judgement expert) yang sesuai dengan bidangnya. Dari 15 butir soal angket untuk siswa semua dinyatakan valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Prosedur pembuatan modul Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja ini melalui beberapa tahapan, yaitu : Define (menganalisis kebutuhan modul), Design (pengumpulan referensi materi, merancang modul, menyusun modul), Develop (memvalidasi modul oleh ahli media sejumlah 2 orang dan ahli materi dari dosen sejumlah 1 orang dan guru sebagai ahli materi sejumlah 3 orang. Hasil validasi modul, kemudian direvisi sesuai saran validator. Setelah modul dinyatakan valid, modul diujicobakan kepada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan). 2) Hasil penelitian dari ahli media pembelajaran diperoleh hasil valid dan layak, penilaian dari ahli materi diperoleh hasil valid dan sangat layak untuk digunakan dan diujicobakan kepada siswa. Berdasarkan penilaian dari siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang meliputi aspek media pembelajaran pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 80,6% dan kategori layak sebesar 19,40%, sedangkan dari aspek manfaat pada kategori sangat bermanfaat dengan frekuensi relatif sebesar 75% dan kategori bermanfaat sebesar 25%. Secara keseluruhan tingkat kelayakan modul Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja dikategorikan sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 80,6% dan kategori layak sebesar 19,4%. Hal ini menunjukkan bahwa modul Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja ini sangat layak dan sangat sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa maupun bahan ajar bagi guru dan bisa mendukung berjalannya pembelajaran sesuai kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Kata kunci: modul, sanitasi hygiene dan keselamatan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19914

Actions (login required)

View Item View Item