PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN POWER POINT TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

Asri, Rahayu (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN POWER POINT TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA DI SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Asri Rahayu 08513244016.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN POWER POINT TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA KEMEJA PRIA DI SMK NEGERI 1 PENGASIH Asri Rahayu NIM. 08513244016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria pada kelas x sebelum menerapkan media pembelajaran dengan power point di SMK Negeri 1 Pengasih, 2) Pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria pada kelas x setelah menerapkan media pembelajaran dengan power point di SMK Negeri 1 Pengasih, 3) Pengaruh penerapan media pembelajaran dengan power point terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria pada kelas x di SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini adalah penelitian semu eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest yang dilakukan pada satu kelompok saja tampa ada kelompok pembanding. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas x sebanyak 32 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan tes yaitu berupa tes unjuk kerja. Instrumen yang telah disusun kemudian dicari validasinya melalui penilaian para ahli (Judgement Expert) yang dinyatakan layak dipakai sebagai penelitian. Teknik analsis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t untuk mengatahui pengaruh media pembelajaran dengan power point terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria sebelum menerapkan media pembelajaran dengan power point diperoleh sebesar 68,75% atau 22 siswa yang memenuhi nilai KKM dan 32,25% atau 10 siswa yang belum memenuhi nilai KKM dengan nilai tertinggi 80, nilai terendah 69, rata-rata 75,50. 2) Pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria setelah menerapkan media pembelajaran dengan power point diperoleh sebesar 100% atau 32 siswa yang sudah memenuhi nilai KKM dengan nilai tertinggi 90, nilai terendah 80, rata-rata 86,34. 3) Pengaruh penerapan media pembelajaran dengan power point di tunjukkan pada hasil uji t sebesar – 49.184 dengan dk = 31 dan p = 000. Karena nilai - thitung < - ttabel (- 49.184 – 2.040) maka Ho di tolak dan nilai P < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh menerapan media pembelajaran dengan power point terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pencapaian kompetensi pembuatan pola kemeja pria sebesar – 49.284 dipengaruhi oleh media pembelajaran dengan power point.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19911

Actions (login required)

View Item View Item