PENGARUH LATIHAN MEMUKUL BOLA DIGANTUNG TERHADAP KETEPATAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 1 PANJATAN KULON PROGO

Yohanes Danang MD, Yohanes (2012) PENGARUH LATIHAN MEMUKUL BOLA DIGANTUNG TERHADAP KETEPATAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 1 PANJATAN KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
YOHANES DANANG MD_08601241014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan memukul bola digantung terhadap ketepatan smash bolavoli siswa peserta ekstrakurikuler Bolavoli SMPN 1 Panjatan Kulon Progo, yang kebanyakan siswanya kurang menguasai teknik smash Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Panjatan yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli dengan jumlah 20 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument yang digunakan berupa melakukan smash tes dari Stenley. Adapun skor diperoleh dari jumlah rerata pukulan dari dua kali percobaan selama satu menit. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat normalitas,dan linieritas. Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 6,432 lebih besar dari t tabel sebesar 1,729. Ini berarti ada pengaruh latihan memukul bola digantung terhadap ketepatan smash siswa peserta ekstrakurikuler Bolavoli di SMPN 1 Panjatan Kulon Progo. Besarnya rerata kemampuan sebelum diberikan treatment 6,45 sedangkan rerata kemampuan setelah diberikan treatment sebesar 10,45. Rerata kemampuan sesudah diberikan treatment lebih besar daripada kemampuan sebelum diberikan treatment, sehingga ada pengaruh yang diperoleh dari latihan smash dengan bola digantung yakni sebesar 39,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 04 Jun 2015 01:14
Last Modified: 04 Jun 2015 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

View Item View Item