ASEP, CHANDRA SUKMAWAN (2015) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN CIRCUIT SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Asep Chandra Sukmawan-10501244034.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN CIRCUIT SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X SMK N 2 PENGASIH Oleh: Asep Chandra Sukmawan NIM. 10501244034 ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari sisi kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional; (2) apakah terdapat perbedaan pencapaian kompetensi aspek kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektronika dasar, jika pengetahuan awal elektronika dasar siswa dikendalikan secara statistik; (3) apakah terdapat perbedaan pencapaian kompetensi aspek afektif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (4) apakah terdapat perbedaan pencapaian kompetensi aspek psikomotorik antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X pada Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Pengasih berjumlah 64 siswa. Kelas X TELIN 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TELIN 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis kovarian satu jalur, dan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari sisi kognitif dibandingkan pembelajaran konvensional, kenaikan rerata pretest ke posttest sebesar 30,10; sedangkan yang mengikuti pembelajaran konvensional mengalami kenaikan pretest ke posttest sebesar 26,64; (2) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media circuit simulator dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran elektronika dasar, dengan F hitung pada aspek kognitif sebesar 11,441 dan p=0,001 (p<0,05), nilai t hitung aspek afektif sebesar 3,706 dan p=0,000 (p<0,05), serta nilai t hitung pada aspek psikomotorik sebesar 2,784 dan p=0,007 (p<0,05). Kata kunci : elektronika dasar, circuit simulator, pembelajaran berbasis inkuiri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 01:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |