HUBUNGAN AKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Arwan, Nur Ramadhan (2015) HUBUNGAN AKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Arwan Nur Ramadhan07520244095.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN AKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Oleh: Arwan Nur Ramadhan 07520244095 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan siswa pada e-learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif khususnya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Berbasis Web pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Kelas XI SMK N 2 Depok Sleman Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Tahun Ajaran 2010-2011 SMK N 2 Depok Sleman. Indikator keaktifan siswa pada e-learning diperoleh dengan metode expert judgment oleh guru mata pelajaran. Data keaktifan siswa diambil dari dokumentasi Log pada server, data hasil belajar siswa diambil dari dokumentasi nilai ulangan harian, dan informasi tentang hambatan siswa dalam menggunakan e-learning diperoleh dari angket. Validitas instrumen pedoman wawancara, dokumentasi, dan angket dilakukan dengan teknik expert judgment oleh 5 dosen ahli dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR 20. Uji korelasi keaktifan siswa pada e-learning dengan hasil belajar siswa menggunakan rumus pearson product moment, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan linieritas. Untuk mengetahui tingkat signifikansi kedua variabel dilakukan dengan uji t . Nilai tertinggi keaktifan siswa pada e-learning sebesar 82,7 dan nilai terendah 17,8 dengan nilai rata-rata sebesar 43,33. Persentase siswa pasif sebesar 53%, kurang aktif sebesar 16%, sedang sebesar 19%, aktif sebesar 9% dan sangat aktif sebesar 3%. Nilai tertinggi hasil belajar siswa sebesar 79, nilai terendah sebesar 73 dan nilai rata-rata sebesar 82.93. Dari data hasil belajar tersebut dapat dikategorikan siswa kategori nilai baik sekali sebesar 78%, baik sebesar 22% dan sisanya yang mendapatkan predikat cukup, kurang dan gagal masing-masing 0%. Hasil komputasi pada software IBM SPSS Statistics 19 dan perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,019. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,04%. Hasil uji signifikansi diperleh nilai thitung sebesar 0,048. Data tersebut menunjukkan tidak adanya korelasi antara keaktifan siswa pada e-learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif pada standar kompetensi mengoperasikan bahasa pemrograman berbasis web. Kata Kunci : Aktifitas E-Learning, Keaktifan siswa, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 01:01
Last Modified: 29 Jan 2019 23:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19903

Actions (login required)

View Item View Item