PENGARUH PERAN ORANG TUA, GURU, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII

Arum, Kartika Sari (2015) PENGARUH PERAN ORANG TUA, GURU, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Arum Kartika Sari 11502247010.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERAN ORANG TUA, GURU DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII Oleh : Arum Kartika Sari NIM. 11502247010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII; (2) Pengaruh Peran Guru terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII; (3) Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII; dan (4) Pengaruh Peran Orang Tua, Peran Guru, dan Self-Efficacy secara bersama-sama terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video berjumlah 62 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Uji validasi isi dan konstruksi instrumen dilakukan dengan cara meminta pendapa dari ahli (Judgment experts) dalam bidang kewirusahaan yaitu 2 orang Dosen dari Jurusan Pendidikan Elektronika FT UNY dan 2 orang guru dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan korelasi Product Moment, Regresi Linier Sederhana dan Regresi Ganda. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dilihat dari koefisien rhitung sebesar 0,289 dan sig. 0,023. Peran orang tua memberikan sumbangan sebesar 8,3 % terhadap kesiapan berwirausaha. (2) Peran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dilihat dari koefisien rhitung sebesar 0,392 dan sig. 0,002. Peran guru memberikan sumbangan sebesar 15,3 % terhadap kesiapan berwirausaha. (3) Self- Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dilihat dari koefisien rhitung sebesar 0,583 dan sig. 0,000. self-efficacy memberikan sumbangan sebesar 33,7 % terhadap kesiapan berwirausaha. (4) Peran orang tua, guru dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha dilihat dari nilai F sebesar 13,938 dan sig. 0,000. Koefisien determinasi (R2y(1,2,3)) sebesar 0,419 yang menunjukkan bahwa Peran Orang Tua, Peran Guru, dan Self-Efficacy secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 41,9 %. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Peran Guru, Self-Efficacy, Kesiapan Berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: P3AI
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Jun 2015 00:57
Last Modified: 29 Jan 2019 23:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19901

Actions (login required)

View Item View Item