HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MODUL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ulfah, Risti Aulia (2013) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MODUL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. Halaman Depan PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2. Abstrak PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (35kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (56kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (129kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (161kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (49kB)
[img] Other (FIS Digital)
8. Lampiran PKN 09401244013 Risti Aulia Ulfah.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara pemanfaatan modul dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013, 3) Hubungan antara pemanfaatan modul dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 559 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 139 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 34 siswa kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 3 Magelang. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis bivariat dan multivariat. Analisis bivariat menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis multivariat menggunakan korelasi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama. Dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Ada hubungan positif pemanfaatan modul dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013, ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,580>0,159) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 2) Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013, ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,662>0,159) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 3) Ada hubungan positif antara pemanfaatan modul dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013, ini dibuktikan dari nilai R hitung sebesar 0,709 lebih besar dari R tabel (0,709>0,159) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,503. Ini berarti 50,3% Prestasi Belajar PKn dijelaskan oleh pemanfaatan modul sebesar 17,8% dan kemandirian belajar sebesar 32,6%, sedangkan 49,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci : Pemanfaatan modul, Kemandirian belajar, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Jun 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19886

Actions (login required)

View Item View Item