HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE- KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013

PANSE, ELPA MA DULAS (2013) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE- KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. Halaman Depan PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (914kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. ABSTRAK PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (35kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (48kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (165kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (182kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (664kB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.swf - Published Version

Download (63kB)
[img]
Preview
Slideshow
8. LAMPIRAN PKN 09401244031 ELPA MA DULAS PANSE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Hubungan antara minat belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se- Kota Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 5 Yogyakarta, SMP Negeri 2 Yogyakarta, SMP Negeri 4 Yogyakarta, SMP Negeri 3 Yogyakarta dan SMP Negeri 15 Yogyakarta sebanyak 358 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis bivariat dan multivariat. Analisis bivariat menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis multivariat menggunakan regresi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersamasama. Dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,586, 2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,547, 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,407. Ini berarti 40,7% Prestasi Belajar PKn dijelaskan oleh minat belajar siswa sebesar 23,8% dan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 16,9%. Sedangkan 59,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci : minat belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Jun 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item View Item