HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN BIMBINGAN DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 1 KOTA MAGELANG

APRIYANTOKO, APRIYANTOKO (2015) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN BIMBINGAN DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Apriyantoko 10505241004.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN BIMBINGAN DI INDUSTRI DENGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 1 KOTA MAGELANG Oleh : Apriyantoko NIM. 10505241004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai rata-rata mata pelajaran produktif siswa Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Kota Magelang dalam menunjang kegiatan prakerin; (2) mengetahui intensitas bimbingan di industri siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 1 Kota Magelang ketika melaksanakan prakerin; (3) mengetahui seberapa besar hubungan prestasi belajar mata pelajaran produktif dan bimbingan di industri dengan prestasi prakerin siswa; (4) mengetahui kelengkapan sarana prasarana sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran sesuai Permendiknas Nomer 40. Tahun 2008 tentang Sarana Prasarana SMK. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, dengan jumlah 103 dari siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 1 Kota Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) nilai mata pelajaran produktif siswa masuk kategori tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 82,34 pada interval kedua dalam rentang 75,51– 89,99; (2) intensitas bimbingan siswa ketika prakerin dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 73,30 pada interval ketiga dalam rentang 60,00–75,50; (3) Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif antara prestasi belajar mata pelajaran produktif dan bimbingan di industri dengan prestasi prakerin sebesar Ry(1,2)= 0,424, koefisien determinan AR2y(1,2)=0,163; (4) sarana prasarana Program Keahlian Teknik Bangunan dalam kategori tinggi dengan nilai 86 pada interval kedua dalam rentang 75,51 – 89,99. Kata Kunci: sarana prasarana, mata pelajaran produktif, bimbingan industri, prestasi prakerin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:31
Last Modified: 03 Jun 2015 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item