PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, OBJEKTIVITAS DAN SENSITIVITAS ETIKA PROFESI TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT (STUDI KASUS PADA AUDITOR BPKP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Lukman Harahap, Lukman (2015) PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, OBJEKTIVITAS DAN SENSITIVITAS ETIKA PROFESI TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT (STUDI KASUS PADA AUDITOR BPKP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi fix.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

ii ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kompetensi auditor di BPKP DIY terhadap kualitas hasil audit, (2) Pengaruh independensi auditor BPKP DIY terhadap kualitas hasil audit, (3) Pengaruh objektivitas auditor BPKP DIY terhadap kualitas hasil audit, (4) Pengaruh sensitivitas etika profesi auditor BPKP DIY terhadap kualitas hasil audit, (5) Pengaruh kompetensi, independensi, objektivitas dan sensitivitas etika pofesi auditor BPKP DIY secara bersamaan terhadap kualitas hasil audit .Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei pada suatu populasi. Penelitian ini termasuk penelitian penjelasan (explanatory/confirmatory research). Sampel diambil sebanyak 94 auditor pada BPKP DIY. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Kuisioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normaitas, uji linearitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Hasil Audit. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,314 yang lebih besar dari t tabel 1,66123 dan nilai korelasi (r) sebesar 0,235. (2) Independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Hasil Audit. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 2,138 yang lebih besar dari t tabel 1,66123 dan nilai korelasi (r) sebesar 0,218. (3) Objektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Hasil Audit. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 2,541 yang lebih besar dari t tabel 1,66123 dan nilai korelasi (r) sebesar 0,256. (4) Sensitivitas Etika Profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Hasil Audit. Hal ini ditunjukkan oleh nilai nilai t hitung sebesar 3,403 yang lebih besar dari t tabel 1,66123 dan nilai korelasi (r) sebesar 0,334. (5) Kompetensi, Independensi, Objektivitas, dan Sensitivitas Etika Profesi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Hasil Audit. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung 10,894 yang lebih besar dari F tabel 3,94 dan nilai korelasi (5) sebesar 0,573. Kata Kunci : Kompetensi, Independensi, Objektivitas, Sensitivitas Etika Profesi, Kualitas Hasil Audit

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Jun 2015 17:18
Last Modified: 29 Jan 2019 23:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item View Item