PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I CANGKRINGAN

Romadhona, Sita Asrinia (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I CANGKRINGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. Halaman Depan PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2. BAB I PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (39kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB II PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (289kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB III PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (85kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB IV PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB V PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (60kB)
[img] Other (FIS Digital)
7. Lampiran PKN 08401244041 Sita Asrinia Romadhona.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar siswa X di SMA Negeri I Cangkringan menggunakan metode simulasi dengan metode ceramah, dan 2) Seberapa besar hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri I Cangkringan dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain control group pre- test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Cangkringan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling (undian). Dari hasil undian kelas X B sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas X A sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 30 siswa kelas X C. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas. Kemudian pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri I Cangkringan antara kelas yang menggunakan metode simulasi (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakan metode ceramah (kelas kontrol). Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung: 5,913 > ttabel: 2,660), dan nilai signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 1% (0,00<0,01); 2) hasil belajar PKn kelas eksperimen ditunjukkan dengan mean skor sebesar 7,27, sedangkan hasil belajar kelas kontrol mean skor sebesar 6,19. Kata kunci : hasil belajar, metode simulasi, metode ceramah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Jun 2015 01:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item