PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS MEDIA BLOG UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Pratiwi, Zunalia Danung (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS MEDIA BLOG UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. Halaman depan 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (667kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. Abstrak 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (32kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (115kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (279kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (221kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (67kB)
[img] Other (FIS Digital)
8. LAMPIRAN PKN 09401241016 Zunalia Danung Pratiwi.swf - Published Version

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media blog dalam pembelajaran PKn, dan (2) efektivitas media blog dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Pada penelitian ini semua tahap dilaksanakan. Tahap analysis adalah menganalisis kebutuhan belajar. Tahap design adalah perumusan kompetensi, materi, strategi, evaluasi, dan sumber. Tahap develop adalah pembuatan media blog. Tahap implement adalah memanfaatkannya dalam kegiatan pembelajaran. Tahap evaluate dilakukan evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan dua kali yaitu alpha test (oleh ahli materi PKn dan media), serta beta test (oleh peserta didik, 5 orang sebagai subjek uji coba orang-seorang, 10 orang sebagai subjek uji coba kelompok kecil, dan 32 orang sebagai subjek uji coba lapangan). Evaluasi formatif dilakukan untuk keperluan revisi produk dan mengetahui kelayakan media blog. Media blog dikatakan layak apabila rata-rata hasil validasi dari ahli materi PKn, ahli media, dan penilaian peserta didik minimal dalam kategori baik. Evaluasi sumatif dilakukan dengan mengadakan tes hasil belajar (pre-test dan post-test) pada subjek uji coba kelompok kecil dan lapangan untuk mengetahui efektivitas media blog dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Media blog dikatakan efektif apabila nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test pada uji coba kelompok kecil dan lapangan, serta nilai rata-rata post-test sudah melebihi KKM (77). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media blog yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran PKn berdasarkan validasi ahli materi PKn, ahli media, dan penilaian peserta didik, kelayakannya mencapai rerata skor 3,99 (termasuk dalam kategori baik) dari skala 5. (2) Media blog yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn berdasarkan tes hasil belajar. Pada uji coba kelompok kecil nilai rata-rata pre-test adalah 47,4 dan post-test 86,3 (sudah melebihi KKM), sehingga peningkatan hasil belajar mencapai 45,07 %. Pada uji coba lapangan nilai rata-rata pre-test adalah 52,6 dan post-test 89,3 (sudah melebihi KKM), sehingga peningkatan hasil belajar mencapai 41,09 %. Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran PKn, media blog

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Jun 2015 01:16
Last Modified: 29 Jan 2019 23:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item