Pertiwi, Eka Budi (2013) IMPLEMENTASI MODEL ASSURE DALAM PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Other (FIS Digital)
1 Halaman Depan PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (757kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
2 abstrak PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (32kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
3 BAB I PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (86kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
4 BAB II PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (421kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
5 BAB III PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (58kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
6 BAB IV PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (100kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
7 BAB V PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (71kB) |
|
|
Other (FIS Digital)
8 Lampiran PKN 09401241003 Eka Budi Pertiwi.swf - Published Version Download (46MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model ASSURE dalam pemanfaatan internet untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap implementasi model ASSURE pada pemanfaatan internet untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan subjek penelitian semua guru Pendidikan Kewarganegaraan dan 6 orang siswa-siswi yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara induktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) Model ASSURE dalam pemanfaatan internet untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Yogyakarta telah diimplementasikan guru dengan mengikuti langkah sistematis. Pada tahap persiapan, guru telah menganalisis siswa yang ditinjau dari karakteristik umum siswa, kemampuan awal dan gaya belajar. Kemudian menetapkan tujuan dan standar pembelajaran. Setelah itu, memilih strategi melalui metode diskusi, media dan teknologi berupa internet, serta materi yang disesuaikan pada Standar Isi. Pada pelaksanaannya, internet digunakan sebagai sumber informasi. Sebagian besar siswa aktif selama mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan dari keterlibatan mereka dalam proses pencarian informasi, mendiskusikan, dan mempresentasikan hasil penemuan mereka. Evaluasi dilakukan guru dalam bentuk penugasan dan penilaian attitude. (2) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap implementasi model ASSURE pada pemanfaatan internet untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Yogyakarta terdiri atas: (a) faktor pendukung: tersedianya sarana dan prasarana sekolah dan keterampilan siswa dalam mengoperasikan internet. (b) faktor penghambat: koneksi internet di sekolah yang masih lambat, guru kurang aktif memanfaatkan blog pembelajaran, dan masih adanya siswa yang mengakses social media saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata Kunci : Model ASSURE, pemanfaatan internet, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
| Date Deposited: | 03 Jun 2015 01:10 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 23:04 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
