Pengembangan Media Pembelajaran Flash Movie Bervisi SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MAN Yogyakarta III

Amri, Ahmad Faisal (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Movie Bervisi SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MAN Yogyakarta III. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-faisal-amri-12708251032.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media pembelajaran flash movie bervisi SETS digunakan dalam pembelajaran biologi, (2) pengaruh media pembelajaran flash movie bervisi SETS terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dan (3) pengaruh media pembelajaran flash movie bervisi SETS terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah yang diadaptasi dari Model Borg & Gall yang meliputi: melakukan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, mengembangkan bentuk produk awal, melakukan uji coba terbatas, melakukan revisi, melakukan uji coba lapangan, melakukan revisi. Media pembelajaran flash movie yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi kemudian oleh guru biologi, teman sejawat, dan siswa. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI IA 3 SMAN 2 Wonosari. Uji coba lapangan dilaksanakan di MAN Yogyakarta III dengan kelas X F sebagai kelas eksperimen dan kelas X G sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran flash movie bervisi SETS pada materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Penilaian media pembelajaran flash movie dari aspek media dan materi berada dalam kategori “Sangat Baik”. (2) Media pembelajaran flash movie bervisi SETS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X F MAN Yogyakarta III, hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) = 6 x 10-9 dengan taraf kepercayaan 95%. (3) Media pembelajaran flash movie bervisi SETS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X F MAN Yogyakarta III, hal ini dibuktikan dengan uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) = 0,001 dengan taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran flash movie, SETS, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:47
Last Modified: 09 May 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19786

Actions (login required)

View Item View Item