Perbandingan Sistem Manajemen Pembelajaran Atutor dan Moodle Menurut Persepsi Siswa di SMK Ma'arif 1 Kroya Tahun Ajaran 2014/2015

Affandi, Lukman Rian (2015) Perbandingan Sistem Manajemen Pembelajaran Atutor dan Moodle Menurut Persepsi Siswa di SMK Ma'arif 1 Kroya Tahun Ajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lukman rian affandi-12702251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan (1) fitur communication tools, (2) fitur productivity tools, (3) fitur course Delivery tools, (4) fitur content development tools, dan (5) kemudahan (usability) Moodle dan ATutor di SMK Ma'arif 1 Kroya. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang dilaksanakan di SMK Ma'arif 1 Kroya Tahun Ajaran 2014-2015. Populasi penelitian sejumlah 480 siswa SMK Ma'arif 1 Kroya. Sampel sejumlah 214 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional sampling dan cluster random sampling dengan menggunakan bantuan tabel Krejcie & Morgan. Data variabel usability diperoleh menggunakan angket siswa dan data variabel communication tools, productivity tools, course delivery tools, dan content development tools diperoleh menggunakan angket pakar ahli. Validitas intrumen diketahui berdasarkan penilaian pakar ahli yang dianalisis dengan validitas isi dan analisis butir. Realibilitas instrumen diketahui dari nilai koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan Uji uji beda dua sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perbandingan fitur communication tools mendapatkan persentase 82,22% sedangkan ATutor 62,04%; (2) perbandingan fitur productivity tools mendapatkan persentase 79,38% sedangkan ATutor 61,88%; (3) perbandingan fitur course delivery tools mendapatkan persentase 85,45% sedangkan ATutor 64,77%; (4) perbandingan fitur content development tools mendapatkan persentase 85,33% sedangkan ATutor 64,%; (5) perbandingan fitur usability mendapatkan persentase 61,11% sedangkan ATutor 56,77%. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa Moodle memiliki fitur yang lebih baik dari pada ATutor karena memperoleh nilai yang lebih tinggi berdasarkan persepsi pengguna.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sistem manajemen pembelajaran, ATutor, Moodle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:47
Last Modified: 05 Sep 2022 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item