Putri, Citra Ika (2015) Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning di SMK School Partnership Program SEAMOLEC di D.I. Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-citra ika putri-12702251029.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) gambaran kesiapan pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning di SMK School Partnership Program SEAMOLEC di D.I. Yogyakarta yang meliputi: (a) kesiapan institusi; (b) kesiapan guru; (c) kesiapan administrator; (d) kesiapan siswa; (e) kesiapan sarana dan prasarana; (f) kesiapan konten e-learning; dan (g) kesiapan pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning di lima SMK School Partnership Program SEAMOLEC di D.I. Yogyakarta; serta (2) faktor pendukung dan penghambat dalam kesiapan pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru mata pelajaran bidang adaptif, produktif, dan normatif, siswa kelas XII, kepala sekolah, dan administrator/orang yang mengoperasionalkan e-learning. Populasi guru berjumlah 609, dan populasi siswa berjumlah 2094, selain itu sampel kepala sekolah dan administrator sama dengan populasi yaitu 5. Sampel guru sejumlah 122, dan siswa sejumlah 301 ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)(a) kesiapan institusi sudah termasuk dalam kategori sangat siap dengan rerata sebesar 17,132; (b) kesiapan guru masih termasuk dalam kategori tidak siap dengan rerata sebesar 87,603; (c) kesiapan administrator sudah termasuk dalam kategori sangat siap dengan rerata sebesar 64,60; (d) kesiapan siswa sudah termasuk dalam kategori siap dengan rerata sebesar 84,206; (e) kesiapan sarana dan prasarana sudah termasuk dalam kategori sangat siap dengan rerata sebesar 35,40; (f) kesiapan konten e-learning sudah termasuk dalam kategori sangat siap dengan rerata sebesar 13,20; (g) kesiapan pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning sudah termasuk dalam kategori siap dengan rerata sebesar 305,970 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 393; serta (2) faktor pendukung dalam kesiapan pembelajaran berbasis e-learning yaitu meliputi: dukungan kepala sekolah, dana bantuan dari pemerintah, kerjasama dengan lembaga internal ataupun eksternal, rata-rata para guru sudah mampu mengoperasikan komputer, kemampuan dan ketrampilan SDM (administrator), kemampuan dan ketrampilan siswa, sarana dan prasarana yang dimiliki, dan konten e-learning yang cukup lengkap dan memadai, sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu meliputi: belum memiliki tim pengembang atau pengelola pendidikan jarak jauh, kurang meratanya sosialisasi tentang penggunaan e-learning kepada guru-guru, sebagian besar guru termasuk dalam lingkup generasi digital immigran, faktor budaya dan kebiasaan guru, kesibukan para guru, minimnya penggunaan komputer untuk mengakses e-learning oleh siswa dari jurusan selain TI, dan faktor budaya dan kebiasaan siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | survei, kesiapan, e-learning, pendidikan kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 08:47 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19773 |
Actions (login required)
View Item |