Pengembangan Jobsheet Pembelajaran Sistem Keamanan Jaringan Pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan

Ratnawati, Dwi (2015) Pengembangan Jobsheet Pembelajaran Sistem Keamanan Jaringan Pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi ratnawati-12702251057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan jobsheet yang dapat mendukung pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas beberapa langkah yaitu: pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, revisi, dan uji coba produk. Pada tahap pengembangan jobsheet diuji kelayakannya dengan cara validasi oleh ahli (tes alpha), Pengguna jobsheet sebanyak 2 orang guru dan 10 siswa (tes beta) di SMK Negeri 1 Pleret, dan kemudian dilakukan revisi akhir. Selanjutnya dilakukan penilaian produk untuk mengetahui tingkat efektivitas dari penggunaan jobsheet dengan cara digunakan langsung dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Pleret yang terdiri atas 54 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan statisik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk jobsheet sistem keamanan jaringan yang dapat digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan uji beta yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pleret, hasil penilaian produk menunjukkan bahwa produk yang dibuat telah memenuhi kebutuhan media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan rerata skor penilaian secara keseluruhan masuk dalam ketegori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SMK, Jobsheet, Sistem Keamanan Jaringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:47
Last Modified: 09 Sep 2022 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item