Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Sumbawa

Setiawati, Linda (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-linda setiawati-13702251048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar praktik kejuruan siswa ditinjau dari hasil uji kompetensi keahlian (UKK), (2) besarnya pengaruh masing-masing faktor secara parsial maupun simultan, dan (3) faktor yang berpengaruh paling besar terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa SMK program studi keahlian teknik komputer dan informatika di Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK kelas XII program studi keahlian teknik komputer dan informatika di Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2014/2015, sebanyak 556 siswa. Sampel sejumlah 228 ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar praktik kejuruan siswa SMK program studi keahlian teknik komputer dan informatika di Kabupaten Sumbawa adalah motivasi berprestasi, disiplin belajar, pengalaman prakerin, sarana dan prasarana, kinerja guru, dan dukungan orang tua baik secara parsial maupun simultan. (2) Masing-masing faktor memberikan pengaruh secara signifikan yaitu: motivasi berprestasi sebesar 15,79%, sarana dan prasarana sebesar 14,87%, disiplin belajar sebesar 13,31%, pengalaman prakerin sebesar 11,53%, kinerja guru sebesar 11,337%, dan dukungan orang tua sebesar 6,967%. (3) Besarnya pengaruh secara simultan dari faktor-faktor tersebut adalah 73,81%, sedangkan sisanya 26,29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diujikan dalam penelitian ini. (4) Faktor yang memberikan pengaruh paling besar adalah faktor motivasi berprestasi, dengan besarnya pengaruh 15,79%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, disiplin belajar, pengalaman prakerin, sarana dan prasarana, kinerja guru, dan dukungan orang tua
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:47
Last Modified: 12 Sep 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19768

Actions (login required)

View Item View Item