PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

ANDI, BUDIARTO (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Andi Budiarto 08504244012.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh: ANDI BUDIARTO NIM. 08504244012 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan mempunyai beberapa tujuan. Pertama bertujuan untuk merancang pembelajaran pada mata pelajaran sistem pengapian menggunakan strategi pembelajaran CTL. Kedua bertujuan menerapkan strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran sistem pengapian. Ketiga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran CTL. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap, yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR II SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan jumlah 38 siswa pada mata diklat sistem pengapian konvensional. Sistematika pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 siklus, planning siklus I berdasarkan obervasi pra penelitian, acting di kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran CTL, observing keaktifan belajar siswa yang diamati oleh seorang observer dan hasil belajar siswa selama penerapan strategi pembelajaran CTL kemudian reflecting hasil penelitian pada siklus I. Planning siklus II disusun berdasarkan reflecting siklus I, acting dikelas dengan menerapakan strategi pembelajaran CTL, observing keaktifan belajar siswa yang diamati oleh seorang observer dan hasil belajar siswa selama penerapan strategi pembelajaran CTL kemudian reflecting hasil penelitian pada siklus II. Aspek keaktifan siswa yang diamati oleh seorang observer meliputi memperhatikan penjelasan guru, menanyakan materi yang belum dipahami, merespon/menjawab pertanyaan, mendengarkan penjelasan guru, menyalin/mencatat materi, dan memecahkan/menjawab permasalahan. Keaktifan belajar siswa diamati melalui observasi langsung ke dalam kelas pada saat proses belajar dan mengajar berlangsung, sedangkan prestasi belajar siswa diukur dengan melaksanakan pre test pada awal pertemuan dan mengadakan post test pada akhir pertemuan. Data dianalisis melalui tahapan paparan data dan penyimpulan hasil. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata diklat sistem pengapian konvensional dengan penerapan strategi pembelajaran CTL, persentase nilai rata-rata keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata pra penelitian sebesar 58,11 %, siklus I sebesar 61,62 %, dan siklus II sebesar 72,75 %. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari data pra penelitian sebesar 63,78, siklus I sebesar 70,84, dan siklus II 79,86, sehingga berbanding lurus dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa, maka hasil belajarnya juga ikut meningkat. Kata kunci : PTK, stretagi pembelajaran CTL, keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:21
Last Modified: 01 Jun 2015 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item View Item