PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN SMAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Nanang Apri, Jayanto (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN SMAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nanang Apri Jayanto 11503247011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN SMAW DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Nanang Apri Jayanto 11503247011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) proses pelaksanaan pembelajaran pengelasan di smk muhammadiyah 1 bantul, (2) pandangan siswa terhadap guru mata pelajaran pengelasan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, (3) mengetahui kondisi bengkel yang di gunakan pembelajaran pengelasan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, (4) mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran pengelasan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan jumplah sampel penelitian 107 siswa kelas xi Progam Studi Teknik Permesinan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) katagorisasi data. padainstrument angket uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan analisis butir sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran pengelasan yaitu: 5% responden mengatakan sangat baik, 53% responden mengatakan baik, 32% responden mengatakan cukup, 5 % mengatakantidak baik. (2) pandangan siswa terhadap guru mata pelajaran pengelasan di SMK Muhammadiyah1 Bantul, ada beberapa hal yang terjadi yaitu guru pengelasan belum mempunyai sertifikat di bidang pengelasan, walaupun di bidang permesinan guru mempunyai sertifikat, guru pengelasan masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi, penggunaan media pembelajaran masih terbatas. (3) kondisi bengkel pengelasan di SMK Muhammadiyah1 Bantul juga sudah baik ini di buktikan dengan hasil penilaian yaitu21 % sangat baik, 32% baik, 32% cukup, dan yang menilai tidak baik hanya15 %. (4) sedangkan hasil observasi terhadap hambatan pembelajaran. Pengelasan terletak pada model pembelajaran yang masih secara sederhana dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pengelasan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat berjalan dengan baik. Kata kunci :PembelajaranPraktikPengelasan SMAW

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:14
Last Modified: 29 Jan 2019 23:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item View Item