KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR YANG BERDAMPAK PADA HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI APLIKASI PENGOLAH ANGKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

ANGGRAINI, PUSPITA DEWI (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR YANG BERDAMPAK PADA HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI APLIKASI PENGOLAH ANGKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Anggraini.PD._09520244069.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR YANG BERDAMPAK PADA HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI APLIKASI PENGOLAH ANGKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA Oleh: Anggraini Puspita Dewi NIM. 09520244069 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan proses belajar yang berdampak pada hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas tiga siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 20 siswa. Obyek penelitian ini yaitu peningkatan proses belajar siswa pada matapelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya pada pokok bahasan penggunaan aplikasi pengolah angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,catatan lapangan dan tes evaluasi. Metode yang digunakan dalam análisis data yaitu metode análisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase proses pembelajaran jigsaw sebesar 64,29%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 45,29% dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 78. Pada siklus II persentase proses pembelajaran jigsaw sebesar 72,14%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 65,00% dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 81. Pada siklus III persentase proses pembelajaran jigsaw sebesar 83,57%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 83,79% dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 93. Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif untuk meningkatkan proses belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa XI IPA 1 SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi materi aplikasi pengolah angka. Kata kunci: proses belajar, hasil belajar, TIK, Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:12
Last Modified: 29 Jan 2019 23:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item