HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF KELAS XI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG

MUHAMMAD SYARIF, KHOIRON (2015) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF KELAS XI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
muhammd syarif k.pdf

Download (114MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA SISWA DANDISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF KELAS XI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG Oleh : MUHAMMAD SYARIF KHOIRON NIM 05504241004 Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) mengetahui pola asuh orang tua siswa kelas XI SMK Ma’arif Salam Magelang; (2) mengetahui disiplin belajar siswa pada pelajaran perawatan dan perbaikan motor otomotif kelas XI SMK Ma’arif Salam Magelang; (3) mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua siswa dan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan motor otomotif kelas XI SMK Ma’arif Salam Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 4 kelas (160 siswa). Dari populasi itu diambil menggunakan tabel Nomograf Harry King sampel sebanyak 112 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengambilan data pola asuh orang tua siswa dan disiplin belajar siswa dengan menggunakan instrumen angket. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Deskripsi data yang digunakan adalah analisis statistik diskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus dan standar deviasi dan analisis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas dilakukan sebelum uji hipotesis untuk mengetahui data tersebut normal dan linier atau tidak. Analisa data korelasional untuk menguji hipotesis tersebut ada hubungan atau tidak dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan r hitung dengan r tabel. Pengujian tersebut dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh orang tua siswa kelas XI SMK Ma’arif Salam menerakan pola asuh demokratis 65%, pola asuh permisif 58%, pola asuh otoriter 57,7%; (2) disiplin belajar siwa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan motor otomotif kelas XI SMK Ma’arif Salam Magelang memperoleh skor rata-rata 55,16 dan berada pada rentang sedang; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan motor otomotif kelas XI SMK Ma’arif Salam Magelang dengan harga rxy sebesar 0,481 hubungan tersebut dinyatakan sedang. Terdapat hubungan pola asuh demokratis dengan disiplin belajar siswa harga rxy sebesar 0,601, dan hubungan tersebut dinyatakan kuat. Terdapat hubungan pola asuh permisif dengan disiplin belajar siswa harga rxy sebesar 0,268 dan hubungan tersebut dinyatakan lemah. Terdapat hubungan pola asuh otoriter dengan disiplin belajar siswa harga rxy sebesar 0,281 dan hubungan tersebut dinyatakan lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 23:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item View Item