EVALUASI PENGGUNAAN PROGRAM 2 SHIFT PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN DI SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN

Muhammad Yusuf, Ikhsani (2015) EVALUASI PENGGUNAAN PROGRAM 2 SHIFT PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN DI SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Yusuf Ikhsan 08503244004.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

EVALUASI PENGGUNAAN PROGRAM 2 SHIFT PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PERMESINAN DI SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN Oleh Muhammad Yusuf Ikhsani NIM. 08503244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran praktik pemesinan yang menggunakan program 2 shift di SMK Pangudi Luhur Muntilan yang meliputi: (1) Daya dukung; (2) kualifikasi guru praktik pemesinan di SMK Pangudi Luhur Muntilan; (3) fasilitas dalam pembelajaran dan kelengkapan pembelajaran; (4) partisipasi siswa saat Proses Belajar Mengajar (PBM); dan (5) efektifitas dari hasil pembelajaran praktik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan evaluasi model CIPP. Pada penelitian dimensi context ditujukan terhadap dukungan program 2 shift. Input ditujukan untuk meneliti kualifikasi guru praktik dengan responden guru, sedangkan mengenai fasilitas pembelajaran dengan responden siswa. Process ditujukan ke proses pembelajaran praktik dan partisipasi siswa. Product dapat dilihat dari sikap anak dan nilai hasil akhir siswa Responden untuk penelitian adalah siswa Jurusan Teknik pemesinan kelas XII A, XII B dan XII C. Pengumpulan data context, input,proses, dan product pada siswa menggunakan angket. Penentuan validitas instrumen menggunakan pendapat dari ahli (judgment experts) dan analisis validitas secara empiris dengan korelasi product moment. Penentuan reliabilitas menggunakan teknik Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Daya dukung untuk penggunaan praktik 2 shift sangat mendukung (2) kualifikasi Guru Teknik pemesinan di SMK Pangudi Luhur dinilai berada pada kategori baik; (3) fasilitas dalam pembelajaran Praktik pemesinan ada pada kategori baik ketersediaan peralatan untuk praktik mencukupi; (4) partisipasi siswa saat pembelajaran juga sangat baik; dan (5) keefektifan dari pembelajaran praktik dengan program 2 shift juga masuk dalam waktu yang efektif, dengan jumlah lulusan dari uji kompetensi yang semakin meningkat. Kata kunci: evaluasi, program 2 shift, praktik pemesinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 01 Jun 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 23:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item